Jumat, 28 Oktober 2011

5 Pancasila 5 Nilai

 
Pancasila adalah pedoman dan simbol simbol persatuan dari beragaman keberagaman yang ada di Indonesia tanpa Pancasila maka kita tidak akan memiliki lagi pijakan yang pasti dalan menyikapi berbagai keragaman yang ada di Indonesia dengan Pancasila maka semua dapat dipersatukan. Serta dengan nilai-nilai Pancasila juga kita bisa saling menghargai dan memahami satu dengan yang lain karena di dalam Pancasila terdapat lima nilai yang utama bagi manusia yaitu Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Permusyawarahan, dan Keadilan.

Dengan nilai-nilai yang terdapat pada Pancasila maka semua keberagaman yang terdapat dinegera ini dapat dipersatukan. Karena didalam Pancasila terdapat nilai-nilai yang sangat mendalam dan berarti bagi bangsa Indonesia serta nilai-nilai itu tidak dimiliki oleh bangsa lain. Nilai-nilai itu antara lain
1.      Ketuhanan
Pada sila pertama Pancasila berbunyi ”Ketuhanan yang Maha Esa”. Pada sila ini terlihat jelas tujuan negara Indonesia yaitu mewajibkan seluruh warga negara Indonesia memiliki agama dan Pemerintah memberikan kebebasan dan melindungi kehidupan beragama warga negara Indonesia
2.      Kemanusiaan
Pada sila kedua berbunyi ”Kemanusiaan yang Adil dan Beradab”. Sila ini menunjukkan bahwa negara berusaha untuk mendukung dan menciptakan kehidupan warga negara indonesia yang damai dan sejahtera.
3.      Persatuan
Pada sila ketiga berbunyi  ”Persatuan Indonesia”. Pada sila ini menunjukkan bahwa negara dan warga negara Indonesia harus menjaga kesatuan dan kesatuan dari NKRI. Disini Pemerintah berperan menjaga dan melindungi keutuhan NKRI sedangakan warga negara Indonesia berperan dalam mempertahankan NKRI.
4.      Permusyawarahan
Pada sila ini berbunyi ”Kerakyatan yang Dipimpin olek Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawarahan Perwakilan”. Pada sila ini jelas menunjukkan bahwa didalam menyelesaikan suatu permasalah negara maka Pemerintah selalu menyelesaikannya dengan musyawarah bersama dengan wakil-wakil rakyat yang ada diDPR untuk menyampaikan berbagai permasalahan dan aspirasi yang ada dimasyarakat.
5.      Keadilan
Pada sila ini berbunyi ”Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”. Pada sila ini terlihat bahwa Pemerintah memberikan hak dan kewajiban yang sama bagi warga negara Indonesia serta dimata hukum semua warga negara Indonesia adalah sama.

Melalui nilai-nilai diatas jelaslah terlihat bahwa Pancasila memiliki nilai yang sangat berarti bagi bangsa Indonesia. Nilai-nilai Pancasila mencakup seluruh aspek kehidupan dinegeri ini mulai dari kebiasaan, adat istiadat, suku, dan bahasa. Nilai-nilai Pancasila itupun juga diambil dari adat istiadat dan nilai-nilai yang ada pada bangsa Indonesia. Maka dengan menghargai dan memaknai Pancasila dalam kehidupan sehari pastilah akan tercipta kehidupan yang lebih baik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar