Kamis, 06 Oktober 2011

UNS dan Kementerian Lingkungan Hidup Gelar Seminar Nasional Perubahan Iklim

Dalam rangka memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) berkerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup RI menyelenggarakan seminar nasional bertajuk Peran Masyarakat Kampus Dalam Menghadapi Dampak Perubahan Iklim. Seminar ini diadakan di The Sunan Hotel pada tanggal 6 Oktober yang lalu. Dalam seminar ini hadir tiga pembicara yaitu Ir. Hermien Roosita, MM ( Kementerian Lingkungan Hidup RI), Dr. Prabang Setyono, M.Si (Universitas sebelas Maret Surakarta), Valerina Daniel (Duta Lingkungan Hidup). Acara ini diikuti oleh setidaknya 200 peserta baik yabg berasal dari perguruan tinggi maupun yang berasal dari aktivis lingkungan hidup.

Dalam Seminar Nasional ini membahas tentang kebijakan Pemerintah didalam menggapi masalah lingkungan hidup, pengutan peran masyarakat terutama masyarakat kampus mengenai masalah lingkungan hidup, dan tips-tips untuk merawat lingkungan hidup. Acara dibuka dengan sambuatan dari ketua panitia, wakil Kementerian Lingkungan Hidup, kemudian sambuatan dari wakil rektor UNS yang sekaligus membuka acara seminar nasional. Pembicara pertama dalam seminar nasional ini adalah Ir. Hermien roosita, MM dengan makalahnya yang berjudul Kebijakan Penataan Lingkungan Hidup Dan Pemanasan Global. Dalam makalahnya beliau menunjukkan berbagai fakta-fakta tentang permasalahan lingkungan hidup tidak hanya dalam lingkup nasional tapi juga internasional. Beliau juga menjelaskan kebijakan-kebijakan dan langkah-langkah nyata pemerintah dalam mengatasi maalah lingkungan hidup dan pemanasan global.

Kemudian pembicara yang kedua adalah Dr. Prabang setyono, M.Si dengan makalahnya yang berjudul Penguatan Partisipasi Masyarakat Kampus Dalam Menghadapi Dampak Perubahan Iklim di sini beliau menjelaskan akibat-akibat ari pemanasan global baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Pada kesempatan yang sama Beliau juga menyampaikan bagaimana peran kita mengatasi dampak lingkungan hidup dan perubahan iklim khusuanya masyarakat kampus. Pembicara yang ketiga adalah Valerina Daniel beliau adalah Duta lingkungan hidup. Pada kesempatan ini beliau lebih menyampaikan bagaimana cara kita agar dapat memelihara Bumi sehingga tidak menimbulkan dampak yang lebih parah lagi. Beliau juga memberi contoh berbagai kegiatan yang dilakukan oleh LSM dalam memlihara lingkungan hidup dan mencegah pemanasan global. Beliau juga mengajak kita untuk tutut aktif didalam memilihara Bumi.

Dari Seminar Nasional yang diadakan oleh Universitas Negeri Sebelas Maret dengan Kementerian Lingkungan Hidup dapat disimpulkan bahwa peran dan kesadaran masyarakat sangat diperlukan dalam menjaga Lingkungan Hidup agar tidak terjadi perubahan iklim dan pemanasan global seperti sekarang. Terlebih lagi peran dan kesadaran dari masyarakan kampus karena sebagai civitas akademia masyarakat kampus diharapkan mampu menemukan cara-cara dalam menjaga lingkungan hidup dan mengajak masyarakat luas dengan cara memberi penjelasan, penyuluhan, kegiatan-kegiatan sosial, dsbnya. Sehingga masyarakat bisa lebih sadar tentang manfaat menjaga lingkungan hidup.

           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar